Rabu, 10 Januari 2018

7 Tips Untuk Lebih Menghemat Baterai Smartphone Kamu!

7 Cara Untuk Menghemat Baterai Smartphone
Kamu pernah merasakan betapa beratnya hidup kamu kalau tanpa hp? Nah berarti kamu telah mengalami adiksi/kecanduan terhadap gadget atau smartphone kamu. Tapi apakah kamu pernah merasakan betapa menjengkelekannya hp apabila baterainya terlalu cepat habis? Maka kita semua sama!

Tidak akan ada yang tahan apabila baterai smartphonenya terlalu cepat habis oleh karena itulah saya menuliskan artikel ini mengenai 5 tips untuk lebih menghemat penggunaan daya baterai handphone.

Apabila kita sedang melakukan suyatu aktivitas namun terhambat akibat dari baterai hp kamu yang terlalu cepat habis, tentunya hal ini akan membuat seseorang merasa kesal dan menjadi keki, mereka membutuhkan 7 tips ini.

Dalam menggunakan smartphone ada beberapa faktor yang dapat menguras baterai hpmu sehingga menurun secara drastis, faktor-faktor tersebutlah yang harus kamu hindari atau jika bisa dioptimalkan penggunaannya sehingga tidak menguras baterai.

Apa saja faktornya? Yang pertama adalah dari aplikasi hp itu sendiri, sejatinya aplikasi yang terlalu berat dan dimasukan ke dalam layar latar belakang (background multitasking) serta banyak menggunakan ram hp akan lebih menguras baterai hp, selain daripada itu opearting system (OS) juga dapat mempengaruhi dan software bawaan dari vendor/brand/merk hp.
menghemat baterai

7 Tips Untuk Menghemat Baterai

1. Meminimalkan Penggunaan Aplikasi berat
Meminimalkan penggunaan aplikasi berat dapat lebih mengorganisir penggunaan daya baterai terutama dalam menghematnya. Caranya mudah yaitu cukup untuk menghapus penggunaan aplikasi yang sedang berjalan dalam latar belakang (background) karena hal tersebutjuga memaka memori internal yang sekaligus menghabiskan banyak penggunaan baterai.

2. Mengecas/Charge Baterai Sampai Penuh
WARNING! Caslah baterai hp anda ketika mengetahui bahwa sisa persentase baterainya adalah antara 10-15 persen, jangan dibiarkan sampai mati total baru dicas atau sampe 5 persen baru dicas karena itu merupakan kesalahan yang sangat fatal bagi para pengguna smartphone khususnya kamu yang menginginkan performa lebih pada baterainya.

3. Menguninstall atau Mencopot Pemasangan Aplikasi yang Jarang Dipakai
Kita harus mengetahui bahwasanya ada banyak aplikasi di luar sana yang memang ditujukan untuk mengdrain atau menguras baterai smartphone seperti yang saya contohkan adalah aplikasi Messenger oleh Facebook Inc. Aplikasi Messenger jujur saja sangat menguras penggunaan daya baterai, tidak hanya itu, aplikasi ini juga cukup berat untuk dijalankan karena memakan memori internal RAM yang cukup banyak.

4. Mengaktifkan Mode Pesawat Terbang
Mengaktifkan mode pesawat terbang berarti telah meminimalisir penggunaan baterai, pada mode Airplane Mode banyak kinerja pengoptimalan dalam smartphone diturunkan demi mengurangi penggunaan baterai yang berlebihan, selain daripada itu juga mode ini dapat digunakan saat kamu sedang berada dalam sebuah pesawat terbang yang mengangkasa, tapi ingat smartphone sementara hanya boleh digunakan ketika pesawat terbang sudah take off ataupun landing dengan selamat dan lampu tanda sabuk pengaman telah dimatikan.

Mengaktifkan mode pesawat terbang juga berarti otomatis menonaktifkan penggunaan data seluler, gps atau sistem navigasi lokasi pada smartphone, Wireless Fidelity (WiFi), dan Bluetooth.

5. Kurangi Streaming
Streaming pada halnya menguras penggunaan baterai lebih banyak, gengs. Jadi mulai kedepannya kurangi ya streaming yang berlebihan apalagi sampe kuota kamu habis tuh, hahahahaha.

6. Matikan Fitur Getar "vibrate"
Jadi pada kenyataannya fitur vibrate ini dapat lebih mengurasdaya baterai dibandingkan dengan ringtone biasa, oleh karena itulah admin menyarankan untuk silent mode atau mode diam daripada fitur getar.

7. Redupkan Layar
Meredupkan layar smartphone dengan cara mengontrol atau meng-adjust kecerahan tampilan pada layar smartphone menjadi lebih redup, walaupun memang tidak enak untuk dilihatnya karena sedikit gelap tapi lama kelamaan kamu akan terbiasa dan hal itu bukan jadi masalah, justru kamu enak bisa beradaptasi.