Rabu, 10 Januari 2018

Manakah Dari Kamu yang Termasuk Dalam 3 Teori Kepemimpinan Ini?

Tags

pemimpin ya kan
Pemimpin merupakan seorang yang dapat mempengaruhi orang lain dari caranya dia bekerjasama atau berkoordinasi dengan rang orang sekitar dei mencapai tujuan bersama tanpa mementingkan dirinya sendiri terlebih dahulu. Pemimpin berasal dari kata "leader" sedangkan kepemimpinan berasal dari kata "leadership" artinya segala sesuatu yang dapat kita contoh ataupun serap dari seorang pemimpin yang baik, bijak, dan tidak egois.

Pemimpin itu dilahirkannya berbagai macam, banyak dari mereka yang merupakan kalangan extrovert atau ekstrovert yang artinya lebih suka berinteraksi dengan lingkungan sosial ataupun banyak bercakap kepada teman, keluarga, dan banyak lainnya.  Tapi lain dari itu, ada juga pemimpin yang memang berasal dari kalangan tidak mampu pada awalnya, orang orang ini mampu melahirkan dan meregenrasi kepemimpinan yang dulu dengan kepemimpinan yang lebih baik padahal dari keluarga yang tidak mampu dulunya.

Nah bagaimana sih seorang pemimpin itu lahir? Apakah kepemimpinan beserta jejeran sifatnya yang patut kita teladani datang begitu saja? Pasalnya, ada 3 teori yang merupakan pembagi dalam setiap kepemimpinan, pemimpin yang memimpin dengan caranya sendiri.

Berikut ini dia 3 teori kepemimpinan.

3 Teori Kepemimpinan

1. Teori Genetik
Teori Genetik merupakan landasan "leader are born not made" artinya pemimpin dilahirkan dari orang tuanya yang dulunya juga merupakan pemimpin. Teori ini melahirkan banyak generasi pemimpin yang diturunkan dari darah orang tuanya, artinya terdapat bakat kepemimpinan yang telah diwarisi.

2. Teori Sosial
Teori Sosial merupakan landasan "leader are made not born" artinya pemimpin dilahirkan dari ruang lingkup sosial yang dapat membantu atau mengembangkan sifat kepemimpinan seseorang jika sudah memasuki lingkungan sosial tersebut. Misalnya saja, orang yang sering bergaul dengan orang dewasa, sifat kepemimpinannya akan lebih mudah terbentuk serta bergaul dengan teman yang baik yang mau menolong orang tanpa pamrih. Semua itu tergantung kondisi psikologis.

3. Teori Ekologi
Teori ini merupakan penyempurnaan dari kedua teori yaitu teori genetik dan teori sosial. Penganut teori ini percaya bahwa tiap-tiap pemimpin itu dilahirkan memang dengan bakatnya untuk memimpin dan dibantu dengan mengembangkan sifat kepemimpinannya tersebut dalam ruang lingkup sosial yang baik untuk mengasah kepemimpinannya melalui pendidikan yang teratur dan pengalaman yang didapat dari hasil bersosialisasi.