Selasa, 25 Juli 2017

Cara Memasang Google Analytics pada Blog

Google Analytics merupakan situs milik perusahaan internet besar Google yang fungsinya untuk menerima laporan data statistik blog/website kamu jika kamu sudah mendaftar dan verifikasi google analytics di blog kamu.

Cara memasangnya tergolong cukup mudah, di artikel kali ini tentu saja saya akan memberikan detail tentang bagaimana cara memasangkannya ke dalam suatu website/blog.

Menerima laporan pengunjung blog dari google analytics memang berguna karena pertama tentu saja datanya sangat akurat bila dibandingkan dengan Histats, namun perlu diketahui tampilan antarmukanya yang versi baru 2017 ini memang sedikit membingungkan.

Laporan statistik visitor blog yang ditampilkan oleh google analytics juga berfungsi untuk menilai pasar dan meninjau kembali potensi emas di dalam visitor tersebut, itupun kalau kamu memiliki sebuah toko online/web online blog yang menghasilkan uang dari internet.

Nah, bagaimanakah cara pasang google analytics pada blog?


Memasang Google Analytics pada Blog

Pertama, pastikan kalau kamu sudah membuka situs resminya yaitu, analytics.google.com, setelah dibuka silakan langsung saja ke pengaturan website/blog yang ingin diketahui kode script analitiknya.
Cara Memasang Google Analytics pada Blog

Lalu setelah itu langsung saja pasang kode yang sudah diberi oleh google analyticsnya secara langsung untuk dipasang ke blog, berikut ini dia cuplikan bagaimana script/kodenya akan terlihat. (lihat yang diberi cetak biru, copy saja code tersebut) "PELACAKAN SITUS WEB"
google analytics

Buka blogger, edit template, lalu tempel paste kode dari google-analyticsnya di atas tag kode </body>, lihat seperti contoh berikut ini

<script type='text/javascript'>
  (function(i,s,o,g,r,a,m){i['GoogleAnalyticsObject']=r;i[r]=i[r]||function(){
  (i[r].q=i[r].q||[]).push(arguments)},i[r].l=1*new Date();a=s.createElement(o),
  m=s.getElementsByTagName(o)[0];a.async=1;a.src=g;m.parentNode.insertBefore(a,m)
  })(window,document,'script','https://www.google-analytics.com/analytics.js','ga');

  ga('create', 'UA-NOMORPELACAKANANDA', 'auto');
  ga('send', 'pageview');
</script>

Silakan paste kode berikut ini di atas tag </body>, oh iya saya menambahkan type='text/javscript' agar lebih sempurna, serta untuk yang diberi tanda warna biru diganti dengan kode nomor pelacakan google analytics anda yaa..

Baru deh jadi, semoga bermanfaat

Komentarmu mencerminkan sifat kepribadianmu, gunakanlah form komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon