Sabtu, 10 Juni 2017

N6946-BH1: Bintang yang Menghilang

N6946-BH1 bintang ini hilang
N6946-BH1 adalah bintang yang tertera di gambar, dalam gambar tersebut terlihat bahwa bintang tersebut hilang setelah dilihat kembali melalui teleskop pada tahun 2015 dari penelitian awalnya di tahun 2007.

Mengapa bintang tersebut bisa hilang? Tentu saja ini menjadi perbincangan yang serius, diketahui setelah diteliti lebih lanjut, ternyata bintang ini mengalami kegagalan supernova yang membuat dirinya menjadi lubang hitam secara kasar di intinya.

Dari fenomena bintang masif yang menjadi lubang hitam diam-diam ini, mengapa para astronom jarang melihat supernova dari bintang paling masif (Ohio State University).

Namun, yang menjadi black hole dalam bintang ini hanya intinya saja, bagian luarnya mengelupas dan terbang ke angkasa bebas, karena ketika dilihat pun bintang ini sebenarnya masih ada sedikit namun dengan cahaya yang sangat redup.

Bintang bernama N6946-BH1 ini terletak di galaksi lain, NGC 6946 dan tepat berada di kawasan utara rasi bintang Cygnus. N6946-BH1 dikategorikan sebagai red supergiant, yaitu bintang dengan massa yang super masif.

Komentarmu mencerminkan sifat kepribadianmu, gunakanlah form komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon