Sabtu, 10 Juni 2017

Mendaftar PPDB Online Banten Untuk SMA/SMK Negeri

Tags

Tentunya semua orang ingin memasuki SMA negeri favorit yang ada di daerahnya, tetapi bila kamu kesulitan dalam mendaftar secara manual, tentu saja kamu bisa mendaftar secara online, setelah mendaftat online harus verifikasi ke sekolah tujuan sih, tujuannya untuk memverifikasi berkas berkas yang ada sebagai calon siswa.

ppfb

Lalu bagaimana cara mendaftar online? Apakah perlu menggunakan teknik khusus untuk mendaftar? Tentu saja tidak!

  • Nyalakan komputer/laptop, walaupun boleh menggunakan smartphone tapi saya sangat tidak menyarankannya karena kebanyakan situs ppdb online itu tidak mobile-friendly, bisa-bisa nanti mata kamu sakit.
  • Setelah menyalakan perangkatnya, silakan kamu buka browser, daya merekomendasikan menggunakan Google Chrome, alasannya adalah beberapa plugin dan skrip yang ada di website hanya tersedia di versi baru chrome, untuk Firefox saya kurang yakin.
  • Nah saat itu juga, silakan kamu buka situs ppdb banten (sesuai yang saya bahas kali ini) beralamat http://ppdb.bantenprov.go.id.
  • Bila sudah dibuka tinggal tentukan pilihan SMA/SMK.

Setelah itu kamu hanya tinggal memilih saja, lewat jalur umum/prestasi, jalur umum menggunakan nilai UN sedangkan jalur prestasi menggunakan prestasi di bidanh akademik maupun non akademik dengan menyerahkan surat terima kemenangan lomba minimal tingkat kabupaten/kota.

Bagi siswa yang merasa dirinya tidak mampu/berada di keluarga yang di bawah rata-rata pemerintah memberikan keringanan untuk memasuki sekolah pilihan dengan kuota masuk 20% (untuk dalam zona) yang tentunya juga harus melampirkan bukti surat tidak mampu dari kelurahan setempat saat sedang mendaftar melalui jalur umum.

Siswa yang merasa nilai unnya bagus, melewati jalur umum adalah hal yang harus karena demi memberikan kesempatan lain untuk orang yang tidak mampu dan orang yang melalui jalur prestasi agar tidak merusak susunan kuota yang tersedia, jadi semua bisa sekolah dengan tenang.

Hal yang harus diperhatikan saat siswa sedang mendaftar di ppdb online melalui <jalur umum> adalah surat SKHUN, di dalam surat SKHUN tersebut terdapat data nomor un siswa juga nisn siswa, bila tidak tertera di skhun silakan tanya kepada pihak sekolah masing-masing.

Oh ya, sangat penting untuk mempertimbangkan kembali sekolah pilihan kamu, karena jangan sampai salah pilih, juga siswa hanya diperbolehkan untuk mengambil pilihan 2 sekolah saja saat mendaftar ppdb online.

Perlu diingat kembali, bagi mereka yang tinggal di kabupaten dengan kartu keluarga (KK) kabupaten dan ingin mendaftar di zona tujuan SMA negeri kota, pemerintah melakukan kebijakan hanya menerima 10% orang dari luar zona saja, alasan pemerintah seperti yang kami kutip untuk menghindari banyaknya kemacetan dan transportasi susah di kabupaten.

Kuota 10% yang berasal dari luar zona sekolah hanya menerima nem tertinggi, jika standar passing grade (PG) sekolah tujuan sangat tinggi seperti SMAN 1, maka nem terendah bagi pendaftar tahun kemarin adalah 35an. Ini untuk luar kota tangerang yang ingin mendaftar flagship SMAN 1 kota tangerang (singkatnya SMANSA)

Saya doakan semoga kalian sukses dalam mendaftar SMA dan meraih tujuan, aammiinn. Semoga artikel ini bermanfaat, jika masih ada yang ditanyakan, silakan saja tanya di kolom komentar.



Komentarmu mencerminkan sifat kepribadianmu, gunakanlah form komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon