Jumat, 16 Juni 2017

Studi Menunjukkan "Kidal" Lebih Cerdas di Matematika

Kepercayaan mengenai orang yang lebih dominan menggunakan tangan kiri atau akrab disapa kidal telah menjadi sejarah yang panjang. Bahkan Leonardo da Vinci, Mark Twain, Mozart, Marie Curie, Nikola Tesla, dan Aristoteles adalah kidal.

pusing gak matematika?
Di zaman sekarang juga seperti presiden Barack Obama, Lionel Messi, dan orang terkaya no 1 di dunia, Bill Gates juga menggunakan dominan tangan kiri. Tetapi, apakah benar bahwa pengguna kidal adalah orang yang genius?

Diestimasi 10 sampai 13,5 persen penduduk yang ada di dunia ini bukanlah pengguna tangan kanan, melainkan kidal.

Pengguna tangan kidal biasanya lebih mengembangkan sisi otak bagian kanan, yang mana fungsinya dikhususkan untuk kemampuan untuk cepat menangkap situasi dan lebih menggunakan kreativitas dalam pemecahan masalah.

Juga Corpus Callosum, yaitu penghubung antara belahan otak bagian kanan dan kiri menjadi lebih besar bagi seorang kidal.

Banyak studi yang sudah dicetak dalam buku sejarah mengenai para left-handed, mulai dari 30 tahun lalu hingga sekarang.

Studi besar belasan tahun lalu memperlihatkan bahwa siswa dengan tangan kiri lebih cenderung mengalami disabilitas intelektual yang justru malah lebih bodoh dalam pelajaran matematika pada umur 5 sampai 14 tahun.
lefty-alg

Kecerdasan Intelektual para Kidal di MTK

Baru-baru ini, studi penelitian menunjukkan bahwa perbedaan pengguna tangan dapat berpengaruh terhadap intelijensi.


Studi yang ditujukan adalah tugas matematika yang berbeda dan variatif dari level terendah hingga yang tertinggi terhadap pengguna tangan kiri dan tangan kanan.

2300 murid yang tergabung itu diberikan sebuah tugas matematika yang harus dikerjakan dari mulai yang termudah hingga yang tersulit.

Dengan begitu kita dapat mengetahui hasilnya, bahwa ternyata pengguna dominan tangan kiri lebih cenderung cerdas dalam mengerjakan matematika hingga ke tingkat yang lebih sulit dibandingkan dengan mereka yang tangan kanan. 

Malah jusru, pengguna dominan tangan kanan lebih sering mengalami kegagalan dalam matematika.

Bahkan, pengguna ekstrimis tangan kanan, maksud saya yang semua tugas keseharian dilakukan dengan tangan kanan cenderung mengalami kegagalan dalam beberapa tes matematika yang termudah sekalipun.

Pola pemikiran ini lebih cemerlang di remaja laki-laki dibandingkan dengan perempuan tapi, biar begitu perempuan kidal juga tetap bisa dibilang cerdas.

sainsologi

Komentarmu mencerminkan sifat kepribadianmu, gunakanlah form komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon