Senin, 12 Juni 2017

7 Tempat Hosting Gambar Gratis!

Pernah berpikir untuk menyimpan suatu file gambar di dalam sebuah website untuk menambah efektivitas waktu? Tentu bisa, baca artikel ini selengkapnya!

Hampir setiap harinya kita melihat informasi melalui blog/website di internet yang rata-rata menggunakan interaksi visual seperti gambar untuk menarik perhatian pengunjungnya, nah, sebenarnya darimana semua gambar itu berasal?

Sebenarnya gambar tersebut bisa saja berasal dari hosting sendiri, yaitu menggunakan server sendiri dengan biaya yang cukup terkesan mahal bagi seorang pencari rejeki seperti saya. --hehe

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang Dollar dari Internet 2017 Terbaru!

Tetapi, ada kok tempat untuk menyimpan gambar/file foto lainnya secara gratis di 7 website yang akan saya ulas kali ini. Mau tau apa saja itu? Yuk cek ini dia!

#1 Imgur

imgur

Tau komunitas sosial reddit? --ya walau diblokir oleh menkominfo indonesia sepertinya pengguna reddit dari seluruh dunia memang banyak, sesuai dengan judulnya, "the front page of the internet" dan mereka semua rata-rata memberikan gambar-gambar kepada para redditor melalui hostingan gratis dari Imgur!

Imgur adalah tempat untuk menyimpan gambar yang menurut saya sepertinya paling populer, bahkan kamu tidak perlu untuk mendaftar, cukup klik atau drag filenya maka gambar akan otomatis terupload. Cukup mudah bukan? Kalau tertarik, boleh dicoba hingga ke aplikasi androidnya kok

Terbaik untuk: mengupload atau mengunggah foto-foto bahkan animasi GIF dengan mudah dan dapat dibagikan ke sosial media semudah membalikkan telapak tangan.

Size maksimal: Ukuran yang dapat kamu unggah untuk foto biasa adalah 20 MB dan 200 MB untuk animasi GIF.

#2 Google Photos

photos google

Google seperti yang kita kenal sebagai perusahaan besar selalu menciptakan inovasi yang cemerlang, kali ini? Sebuah situs hosting gambar gratis! 

Berbicara mengenai gratis, untuk dapat mengakses google foto kamu harus memiliki akun dan daftarnya juga gratis! Serba gratis memang untuk produk yang satu ini dan ya, sejauh ini google foto adalah hosting gambar terbaik di antara yang terbaik. Silakan kamu bisa download appnya di google play dengan title "Google Foto."

Unik: Secara otomatis dapat back-up gambar yang sudah terupload, jadi tidak perlu khawatir apabila terdapat foto yang hilang, atau terjadi sesuatu.

Size maksimal: UNLIMITED! Kamu bebas mengunggah file berapapun sizenya, selama foto tersebut diambil oleh smartphone dan resolusi tidak melebihi 16 megapixel atau jalur alternatif menggunakan storage yang ada di akun google kamu.

#3 Flickr

flickr

Flickr ya sama seperti dengan web lainnya, bedanya flickr ini usianya cukup lama dan tetap berdiri kokoh di depan singgasananya dalam dunia daring (online) ini.

Kamu dapat mengkonfigurasi privasi tentang gambar yang akan diupload, bisa untuk orang-orang tertentu atau dikhususkan bagi keperluan bisnis saja pun bisa, sebelumnya saya ingin memperkenalkan fitur kerennya, yaitu kamu bisa edit fotomu yang sudah diupload!

Gimana, keren bukan? Kelebihannya memang banyak dan kegunaannya juga banyak, tidak heran walau tua tetapi tetap menjalani masa keemasannya.

Size maksimal: 1 TB (1000GB) dari penyimpanan gratis.

#4 500px

500px
Dari namanya terlihat seperti sebuah resolusi gambar, tapi ya memang ini nama brandnya. 

500px juga menghadirkan fitur unik lainnya yang juga termasuk populer di antara image hosting lainnya, yaitu semacam sosial media bagi para fotografer yang sedang berusaha untuk mencari perhatian seluruh dunia ini melalui gambar yang mereka bagi, ya hampir sama dengan flickr.

User dari 500px dapat dengan mudah mengupload dan pengguna premium dapat akses ke fitur portofolio, selain itu tempat penyimpanan ini juga bisa dipake di website/blogger.

Terbaik untuk: sarana sosial media bagi fotografer yang ingin menunjukkan karya-karya mereka atua memperjualbelikannya di 500px.

Size maksimal: Tidak ada restriksi untuk mengupload dengan ukuran besar karena ini hanyalah sosmednya para fotografer, tetapi sebenarnya ada hal yang sedikit mengganggu yaitu, kamu hanya dapat mengupload 20 foto per minggu, namun bagi mereka yang jadi premium membership ($25 setahun), tapi ya setidaknya kamu dapat jual karya kamu di sini.

#5 Photobucket

photobucket
Photobucket sudah berdiri sejak 2003 dengan tujuannya adalah menyalurkan ide para fotografer agar dapat menyimpan maupun berbagi di situsnya. Sama seperti flickr, walaupun agak tua tetapi masih membara semangat hostingnya!

Bahkan kamu bisa loh untuk ngeprint foto, sugoi.

Terbaik untuk: mengupload foto-foto berbagai macam format dengan ukuran original tanpa resize, bisa juga diorganisir ataupun dikonfigurasi serta diedit hingga menjadi sempurna, karyamu akan selalu dihargai di sini. Selain daripada itu, kamu juga dapat print foto untuk pekerjaan/produk dan memperbolehkanmu untuk mengunggah animasi GIF di sini.

Size maksimal: Tidak ada limit untuk ukurannya, tetapi kamu hanya mendapatkan storage sebesar 2 GB untuk pendaftaran, jika kamu mengunduh aplikasi mobilenya, maka akan ditambah menjadi 10 GB. Bagi mereka yang bekerja sebagai toko print foto, sizenya diperbolehkan hingga lebih dari 30 MB.

#6 Postimage

postimage

Postimage adalah tempat hosting gambar paling sederhana a.k.a paling simpel sampai sejauh ini, dengan tampilannya yang biasa-biasa saja postimage dapat memberikan kesan kepada pengguna semenarik mungkin. 

Sama dengan imgur, tanpa membuat akun kalian sudah bisa untuk dapat mengupload gambar yang ingin kalian store di sini.

Kamu bisa mengupload multiple/banyak gambar dalam sekaligus serta dapat mengecilkan ukurannya untuk dijadikan avatar di forum maupun game online

Terbaik untuk: Upload gambar secara individual baik di forum maupun game-game.

Size maksimal: Dalam websitenya tidak tertulis keterangan untuk size maksimalnya, tetapi saat ini kita asumsikan saja kamu dapat mengupload gambar tidak lebih dari 20 MB dan dengan penyimpanan hingga 10 GB.

#7 Pexels

pexels

Pexels adalah penyedia layanan untuk mengunduh gambar secara gratis tanpa hak cipta! Ya, sekali lagi website ini berlisensi CC0, jadi atribusi gambar tidak diperlukan, kamu dapat mengedit sesuka hati. 

Fitur lainnya banyak, kamu dapat mengunduh bahkan hingga foto yang memiliki resolusi 8k! Tapi kita kesampingkan dulu itu, kamu dapat menjadi bagian untuk uploader dan melihat hasil karyamu dilihat oleh puluhan ribu hingga jutaan orang!

Dengan begitu kan populeritasmu sebagai seorang fotografer/pengupload gambar menjadi semakin tinggi dan akhirnya jika hasilnya bagus, kamu bisa saja dapat pundi dollar bila ada karyamu yang ingin dibeli oleh pihak ketiga.

Komentarmu mencerminkan sifat kepribadianmu, gunakanlah form komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon