Selasa, 09 Mei 2017

Tentang Galaksi Andromeda

Apa itu Galaksi Andromeda? Di mana letaknya?
Apa itu Galaksi Andromeda?  - Galaksi Andromeda adalah sebuah galaksi spiral yang berisi triliunan bintang dengan diameter ~220.000 tahun cahaya. Nama galaksi Andromeda itu sendiri berasal dari mitologi seorang putri bernama Andromeda yang dijadikan rasi bintang Andromeda sehingga nama tersebut dijadikan nama untuk galaksi besar andromeda.

Jarak dari Bumi ke Galaksi Andromeda adalah 2,5 juta tahun cahaya (780 Kiloparsecs), yang mana itu sangatlah jauh untuk dijangkau.

Fakta uniknya adalah Galaksi Andromeda akan bertubrukan dengan Galaksi Bima Sakti dalam kurung waktu 4 miliar tahun lagi, nama galaksi yang kelak bertubrukan akan menjadi milkdromeda
Di luar angkasa sana, terdapat banyak galaksi yang dapat kita lihat melalui teleskop, namun di antara galaksi tersebut, galaksi yang hanya dapat dilihat dengan mata telanjang pada saat bulan baru masih redup adalah galaksi andromeda.

Galaksi andromeda dikenal sebagai galaksi mayor yang jaraknya terdekat di antara galaksi bima sakti, dengan galaksi mayor lainnya adalah galaksi triangulum.

Dikenal dengan kecemerlangannya, andromeda juga memilikki 19 satelit alami yang mengorbit, sama halnya dengan tata surya yang memilikki 8 planet besar mengorbitnya. Mengapa hal tersebut terjadi? - menurut penelitian lebih lanjut, itu dapat disebabkan oleh ketertarikan massa yang satu dengan massa yang lainnya untuk membentuk korespondensi tarik-menarik antar gravitasi.

Penemuan awal

Pada  tahun 964M, astronom islam dari persia yang dikenal dengan nama Abd Rahman Al-Sufi dalam bukunya "Book of Fixed Stars" menemukan sebuah kumpulan gugus bintang yang aneh, karena tidak tahu menahu soal galaksi andromeda, konklusi dari astronom islam ini menyatakan kalau galaksi andromeda itu adalah awan kecil.

Penelitian dilakukan lebih lanjut pada tahun 1612, astronom jerman, Simon Marius, memberikan pencerahan deskripsi lebih detail mengenai galaksi andromeda berdasarkan observasi melalui teleskop.

Hingga sekarang, banyak sudah kita temukan para ilmuwan yang sedang mencoba meneliti lebih lanjut soal lini galaksi andromeda.

Dengan demikian berakhirlah sudah postingan kali ini, semoga bermanfaat.

Komentarmu mencerminkan sifat kepribadianmu, gunakanlah form komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon