Minggu, 07 Mei 2017

Apa itu Skala Kardashev?

Ilustrasi Skala Kardashev
Ilustrasi skala kardashev berdasarkan penggunaan daya
Skala Kardashev adalah skala yang digunakan untuk mengukur seberapa canggihnya suatu peradaban berdasarkan cara peradaban itu memanfaatkan energi untuk keperluan umat manusia.

Skala Kardashev biasa dikaitkan dengan adanya kehidupan lain di luar bumi, tapi seperti yang kita ketahui sampai saat ini yang menjadi fermi paradox, nyatanya sampai sekarang kita belum mengetahui apakah di luar angkasa sana ada kehidupan? Mungkin iya, mungkin tidak.

Pada Skala Kardashev, yang dihitungkan dalam rumus ini adalah pemanfaatan sumber daya alam dan energi, seperti pada tipe 1 contohnya, masih menggunakan energi yang berada dalam jangkauaan planetnya.

Skala ini memilikki 3 tipe sesuai:
-Tipe 1, yaitu suatu peradaban yang masih memanfaatkan energi yang ada di dalam planetnya, bisa juga disebut peradaban planetarial.
-Tipe 2, memanfaatkan energi yang berada pada bintang induk planetnya, misalnya Matahari. Konsep hipotesis yang terkenal adalah Bola Dyson.
-Tipe 3, memanfaatkan seluruh energi galaksinya, peradaban yang seperti ini terkadang bisa disebut bencana, karena ya jika saja peradaban ini menemukan peradaban lain yang berada di bawah kekuasaannya, maka hancurlah sudah.

Skala kardashev manusia

Michio Kaku, seorang ahli fisika menjabarkan bahwasanya kelak dalam kurung waktu 100-200 tahun manusia akan mencapai peradaban tipe 1 sesuai skala kardashev.

Peradaban manusia yang sekarang hanya mencapai 0.72.

Bagaimana menghitungnya?
Apa itu Skala Kardashev?
ilustrasi oleh EpicKeenan, Deviantart
Rumusnya adalah:
K = Log10 P - 6/10

P di situ adalah daya dan K adalah nilai suatu peradaban itu sendiri.

Jadi jika dicoba dikalkulasikan berdasarkan teknologi manusia sekarang, kita sudah mencapai 0.72 skala kardashev!

Sebenarnya ada lagi kelanjutan dari skala kardashev ini, tetapi karena artikelnya akan begitu panjang, maka tunggu saja bagian berikutnya dari skala kardashev ya!

Komentarmu mencerminkan sifat kepribadianmu, gunakanlah form komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon