Kamis, 04 Mei 2017

Eta Aquarid: Melihat Meteor Jatuh 6 Mei 2017 ini!

Meteor Eta Aqyaruds 2017
earthsky.org
Seperti pada postingan sebelumnya tentang, Bumi yang akan dibombardir Meteor Lyrids, kali ini saya akan menjelaskan tentang fenomena hujan meteor eta aquarids 2017.

Fenomena hujan meteor sering sekali digarap sebagai hal-hal aneh yang menakutkan padahal justru banyak yang membuat fenomena alam ini unik dan bisa dibilang sangat indah bila dipandang dengan mata telanjang.

Hujan meteor Eta Aquarid tahun ini jatuh pada puncaknya 5 dan 6 Mei 2017. Pada tanggal sekian, bisa lebih dari 30 meteor Eta Aquarid per jam. Bayangkan! Seberapa indahnya melihat jumlah intensif dari banyaknya meteor tersebut ...
Indahnya pemandangan fenomena alam ini
Jeff Berkes, nasa.gov

Cara Melihat Hujan Meteor Eta Aquarids

Kamu tidak perlu teleskop untuk dapat melihat meteor Eta Aquarids, dengan hanya mata telanjang saja sudah cukup.

Pastikan kondisi tempat tinggalmu minim polusi cahaya, sehingga matamu dapat menangkap cahaya dari meteor ini yang relatif singkat saat misi bunuh dirinya di atmosfir Bumi.

Juga tak kalah penting, kamu hanya perlu melihat ke atas karena arah meteor bisa datang dari mana saja, lihat dan saksikan selama 1 jam lebih dan perhitungkan berapa meteor yang sudah jatuh, mungkin saat pertama kali kamu akan merasakan pengalaman luar biasa cantiknya.

Faktornya sih kamu tahu rasi bintang Aquarius, tepatnya adalah Eta Aquarii, bintang yang diketahui tempat meteor Eta Aquarids berasal. Beruntunglah kita di Indonesia dapat melihat dengan jelas di malam hari, bagusnya sih pada tengah malam hingga waktu pagi buta (subuh), karena pada bumi bagian tengah, puncak radian meteor eta aquarids tidak begitu kelihatan jelas.
Eta Aquarids dari Radiannya
nasa.gov

Apa yang menyebabkan fenomena Eta Aquarids?

Hujan meteor seperti yang diketahui hanya dapat bertahan di atmosfir Bumi dan tidak sampai ke permukaannya. Terjadinya hujan meteor apabila orbit bumi sedang berdekatan dengan orbit komet lain yang membentuk debu dan beberapa material luar angkasa lainnya.

Eta Aquarids itu sendiri merupakan material yang berasal dari komet Halley, jauh pada ekornya karena itu merupakan orbit yang terpisah lama karena pergerakan komet halley.

Meteorit -- semua meteoroid yang jatuh pada fenomena alami ini tidak akan mencapai ke permukaan dan akan hangus dibakar oleh atmosfir bumi. Jadi, jangan berpikir kalau hujan meteor ini berbahaya ya ...

Komentarmu mencerminkan sifat kepribadianmu, gunakanlah form komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon