Kamis, 04 Mei 2017

Fase-Fase Kehidupan Matahari

Matahari merupakan bintang induk di Tata Surya kita dengan berbagai macam Planet mengelilingi sang surya pada kecepatan tertentu (relatif).

Topik yang kali ini kita akan bahas adalah tentang bagaimana cara matahari hidup dan fase-fase kehidupan matahari hingga usia terakhirnya.

Ya, tentu matahari memang memipunyai jangka hidup, tidak selamanya matahari akan berada pada cahayanya yang indah.

Matahari merupakan bintang di antara triliunan bintang lainnya yang ada di Alam Semesta ini, jadi untuk perbandingan dengan bintang lain munngkin nanti. Tapi, yang jelas ketika bintang lain yang massanya lebih besar dari matahari, pada akhir hidupnya akan mengalami Supernova.

Nah, berbicara mengenai matahari, sebenarnya kamu tau gak sih? Kalau sebenarnya matahari itu mereaksikan fusi nuklir hidrogen pada intinya, yang membuat matahari dapat memancarkan jumlah cahaya dengan intensitas yang cukup untuk menopang kehidupan.

Fusi nuklir itu hanya akan terjadi apabila dua atom bertemu dan bertubrukan sehingga membentuk atom baru yang juga menghasilkan energi.

Jadi ya, yang ada di Matahari bukanlah api yang memancar di ruang hampa udara, melainkan hasil dari reaksi fusi nuklir yang membuat plasma panas.

Sainsologi
fb.com/Sainsologi


Fase kehidupan matahari

1. Proto Bintang
proto bintang
Awal mulanya, matahari berasal dari awan gas dan debu yang memadat akibat gravitasinya sendiri.

Gas dan debu ini memadat membentuk bola pijar raksasa yang akan menjadi matahari kita.
Bola pijar ini massanya terus bertambah, akibatnya tekanan didalamnya juga bertambah, menyebabkan dirinya semakin hangat.

2. Fusi Pertama
fusi pertama sainsologi
Fusi yang terjadi di matahari kita adalah fusi hidrogen. Fusi hidrogen adalah proses dimana 2 atom hidrogen bergabung menjadi 1 atom helium + energi

Energi dari fusi ini sangat kuat, bila ada 1 bola sepak yang melakukan fusi di bumi ini, 1 kota akan hangus oleh energinya.

Nah, kali ini, kita punya bola raksasa dari fusi. Akibatnya awan gas disekitar matahari tertiup menjauhi matahari.

3. Matahari Sekarang
Matahari sekarang dari fase kehidupan matahari
Fase ini disebut "Deret Utama". Matahari memfusikan hidrogen menjadi helium dengan stabil sampai sekitar 10 milyar tahun

Matahari sekarang berumur 4.6 milyar tahun, berarti ia sekarang sedang di tengah-tengah kehidupannya

Tiap 100 juta tahun, kecerahan matahari bertambah. Suatu saat nanti, karena ini, air di bumi akan menguap sampai bumi tidak bisa ditinggali lagi.

4. Red Giant (raksasa merah)
Raksasa Merah, Fase Kehidupan Matahari
Ketika hidrogen di inti matahari habis, gravitasi matahari menekan inti matahari hingga menjadi sangat panas. Akibatnya, helium pun terfusi di matahari.
Fusi helium kali ini menggabungkan 2 helium menjadi 1 karbon + energi.

Nah, energi yang dihasilkan sangat kuat, hidrogen di luar inti matahari ikut kefusi, menyebabkan energi super yang membuat matahari mengembang menjadi raksasa merah.

5. Nebula Planet (planetary nebula)
Nebula Planet
Setelah helium di inti matahari habis menjadi karbon, matahari melepaskan lapisan luarnya. meninggalkan intinya dan sebuah nebula yang indah.

Nebula planet tidak ada hubungannya dari planet sih emotikon:/

Nebula planet bisa memiliki warna yang sangat indah karena unsur-unsur pembuatnya sangat beragam.
Seperti oksigen yang memberi warna biru, dan hidrogen, nitrogen, dan lain sebagainya berwarna merah.


6. Katai Putih
Sainsologi
Setelah nebula planet yang terbentuk memudar, yang kita lihat hanyalah katai putih.
Katai putih adalah inti dari matahari kita. 


Katai putih bisa dibilang... bola karbon raksasa. Sebenernya tidak terlalu raksasa, hanya seukuran bumi, tapi massanya bisa setengah massa matahari.

Katai putih sendiri kehilangan panasnya perlahan-lahan. Karena dia tidak melakukan apapun untuk menghasilkan panas.


7. Katai Hitam (Black Dwarf)
Sainsologi
Katai hitam ini berbeda dengan lubang hitam, katai hitam sangatlah dingin dan tidak menghasilkan energi, sedangkan lubang hitam menghasilkan energi yang cukup besar untuk melahap objek alam semesta lain yang berada dalam jangkauan orbitnya.

Katai hitam terbentuk dari katai putih yang mendingin seiring berjalannya waktu, mungkin memakan waktu hingga triliunan tahun.

Katai hitam belum ada di Alam Semesta ini karena umur alam semesta itu sendiri masih kurang untuk dapat menampung katai hitam.

Itu dia fase kehidupan matahari dari awal hingga akhir hayatnya, selagi matahari kita masih ada dan bersinar terang sampai sekarang, rawatlah Bumi ini, jadilah orang yang baik mulai dari sekarang dimulai dari hal sekecil apapun itu.



Silakan cek youtube kurzgesagt soal matahari kita yang akan menjadi katai putih lalu katai hitam, jangan lupa untuk mengaktifkan subtitle bahasa indonesia maupun bahasa inggris jika ada yang masih belum paham.

Komentarmu mencerminkan sifat kepribadianmu, gunakanlah form komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon