Selasa, 11 April 2017

7 Tempat di Indonesia Untuk Melihat Milky Way

Halo kembali lagi bersama saya, Alfarez untuk kembali menulis postingan untuk Sainsologi. Yha, postingan/artikel Gula Biru ini sering disanjung juga oleh fanpage facebook Sainsologi. Bersyukur deh, dapat trafik. Kita lanjutkan dengan tema postingan kita kali ini ya..
Astronomi

Indonesia tentunya punya beragam alam yang bersahabat, terutama bagi mereka yang suka dalam hal-hal petualangan, Indonesialah negara yang paling cocok untuk mereka. 

Negara Indonesia terkenal dengan keindahannya, apalagi keindahan malamnya, selalu disambut bintang di daerah yang minim polusi cahaya.

Pada malam gelap yang hanya disinari oleh cahaya bintang itu, terdapat lengan spiral galaksi bima sakti yang juga dapat kita lihat dengan mata telanjang dengan syarat berada di tempat yang cukup tinggi dan minim polusi cahaya.

Bima Sakti/Milky Way adalah sebuah galaksi yang mengandung lebih dari 100 miliar bintang dengan diameter 100.000 tahun cahaya. Nama bima sakti berasal dari bahasa yunani kuno yang berarti "kolam susu".

Lengan galaksi bima sakti atau milky way biasa terbentang di bulan-bulan tertentu dalam tahun masehi. Tetapi, kita ingin lebih spesifik di sini, di mana tempat terbaik untuk melihat milky way?
Atau pertanyaan bagusnya adalah: Tempat terbaik di Indonesia untuk mengamat galaksi bima sakti? 

Gambar-gambar galaksi yang biasa kalian lihat di Google berdasarkan lokasi luar negeri, kini tidak perlu jauh-jauh hingga ke luar negara asing, di Indonesia juga bisa kok untuk melihat gambar/foto galaksi bima sakti.

Berikut ini dia 7 tempat terbaik di Indonesia untuk melihat galaxy bima sakti/milky way galaxy.

List 7 destinasi wisata Indonesia terbaik untuk kegiatan malam hari

Kegiatan malam hari yang penuh bintang ditemani dengan bara api dari kayu bakar camping.

1. Gunung Bromo, Jawa Timur
Gunung Bromo
Bintang-bintang yang bersinar terang menyinari Bumi dengan banyaknya gugus bintang lainnya ikut tersenyum menyapa Bumi, terlebih kita dapat melihat lengan galaksi bima sakti yang memukau dalam jauhnya alam semesta.

Gunug Bromo menawarkan pariwisata yang menarik sekaligus menantang, penakluk gunung bromo sudah banyak dan di antara mereka semua banyak yang terpukau akan keindahan alam yang ditawarkan Bromo. Sebagai informasi, ada banyak pos-pos transit untuk sampai ke puncak Bromo, bahkan kamu juga bisa naik sepeda/cycling, tapi tidak sampai puncak banget.
Gunung Bromo
Landscape Indonesia
2. Gunung Gede, Jawa Barat
Gunung Gede

Menawarkan wisata dengan malam yang indah dipenuhi wajah bintang yang berseri-seri menatapi Bumi dari keajuahan di sana. Ditambah di sana ada hamparan bunga edelweiss.

Gunung Gede

3. Gunung Merapi, Yogyakarta
Gunung MerapiTerletak di kawasan yang sering kita kenal sebagai daerah istimewah Yogyakarta, tentunya hal ini semakin menarik perhatian  para pendaki untuk mengunjungi Gunung Merapi.

4. Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Timur (NTT)
Gunung Rinjani

Gunung Rinjani terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur, dengan segala keunikannya berada di pulau yang terkenal dengan komodonya. Camping di sini dijamin bakalan seru deh... *NOTE EDIT, ini berasal dari NTB.

5. Segara Anakan, Nusa Tenggara Timur (NTT)
Segara Anakan
Lagi-lagi tempat ini berada di provinsi Nusa Tenggara Timur, namun kali ini di bidang permukaannya, ditambah kesejukan danau dan fenomena alam sunset yang indah akan menemani sore hingga pagi harimu bercamping di sini tambah seru deh... *NOTE EDIT, ini berasal dari NTB.

6. Ranu Kumbolo, Gunung Semeru, Jawa Timur
Ranu Kumbolo
Gak perlu deh mencabut semeru dari akarnya, di bawah gunung semeru/kaki gunung semeru kita dapat melihat indahnya malam ditemani banyak gugusan bintang dan galaksi bima sakti yang melewati sejumlah titik.

7. Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah
Liku-liku dataran tinggi dieng
Penuh dengan jalanan bukit yang berliku-liku, dataran tinggi dieng menawarkan malam hari yang gelap serta indah.
Dataran Tinggi Dieng


Jangan lupa ya dari ketujuh daftar tempat di atas, untuk membawa foto agar dapat membagikan momen bersama dan mengenangnya bahwa kamu telah melihat bima sakti secara langsung. Gak semua orang di kota bisa lihat bima sakti loh.. abadikan momenmu!

Oh ya, mungkin kalian punya masukan, gimana tentang tempat tinggal kalian? Apakah cuacanya cerah ketika malam hari dan tidak ada polusi cahaya? Silahkan bagikan ke sini juga ya, tulis di kolom komentar. 

Sekian postingannya, semoga bermanfaat.

Komentarmu mencerminkan sifat kepribadianmu, gunakanlah form komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon