Sabtu, 08 April 2017

Sebentar Lagi Bumi Akan Dibombardir Meteor Lyrids!

Hujan Meteor Lyrids
Hujan Meteor selalu terjadi di Bumi setiap saat, setiap tahun. Kali ini kita membahas ke hujan meteor yang lebih sering dan intensitasnya cukup banyak untuk dapat dibilang indah. Hujan  meteor yang kali ini kita bicarakan adalah hujan meteor lyrids!

Apa itu Hujan Meteor?

Alam Semesta
Saat kamu kecil, kamu mungkin pernah mendengar kisah tentang bintang jatuh? Nah, bintang jatuh itu adalah maksud dari hujan meteor. 

Hujan meteor adalah suatu fenomena alami yang terjadi setiap tahun, hujan meteor lyrids merupakan salah satu di antara hujan meteor lainnya yang selalu terjadi di Bumi tiap tahun.

Tentang hujan meteor, hujan meteor tidaklah berbahaya, justru kita malah bisa melihat keindahannya.

Hujan Meteor Lyrids

Hujan Meteor Lyrids
Kamu mungkin dapat melihat meteor di tempat-tempat yang minim polusi cahaya pada tanggal 16 April hingga 25 April. Itu adalah hujan meteor lyrids yang sedang membombardir bumi dan akan mencapai puncaknya ketika tanggal 22 April 2017 nanti.

Hujan meteor lyrids berasal dari komet Thatcher, setiap tahunnya pada bulan April, Bumi kita menyilang orbit komet Thatcher (C/1861 G1) dan menyebabkan terjadi hujan meteor pada pertengahan April. Meteor itu sendiri adalah pecahan-pecahan dari komet Thatcher yang membombardir Bumi tiap tahunnya.

Hujan meteor lyrids ini sudah ada sejak lama, bahkan dikatakan dalam sejarah kuno dari cina, disebutkan bahwa mereka pernah melihat hujan meteor lyrid yang dianggap sebagai "the falling rain" pada tahun 687 sebelum masehi.

10-20 meteor lyrids akan turun setiap jamnya pada puncak meteor lyrids dengan malam tanpa bulan.

Di mana dapat melihat?

Di mana poin radian dari meteor lyrids? Jika kamu melacak jejak sebelumnya dari acara hujan meteor lyrids tahun 2016, kamu mungkin melihat bahwasanya meteor lyrids ini terlihat pada konstelasi/rasi bintang Lyra, dekat dengan bintang terang Vega. 

Hujan meteor ini datangnya bisa kapan saja, namun jika ingin melihat jelas bisa pergi ke tempat-tempat tinggi yang tidak ada polusi cahaya seperti halnya Gunung dan melihatnya  pada puncak 22 April agar terlihat jelas.

Garis bawah:
Hujan meteor lyrids turun dengan intensitas 10-20 meteor per jam per puncaknya (April 22). Dalam instansi yang lebih langka, hujan meteor lyrids bisa saja membombardir bumi dengan intensitas hingga 100 meteor per jam.

2 komentar

Komentarmu mencerminkan sifat kepribadianmu, gunakanlah form komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon