Jumat, 28 April 2017

Membantah Flat Earth 101! Part 2

Ternyata Bumi itu Bulat! Part 2
Dengan tulisan pertama dari saya mungkin beberapa dari anda memang belum merasa puas. Sekarang mari kita gali lagi dengan judul kali ini yaitu Pembuktian Bumi Bulat! Part 2. Di kolom komentar part 1, saya telah berjanji untuk membahas agama dan dalil-dalilnya tentang bentuk bumi.

Pada postingan kali ini juga saya akan memberikan bahasa yang lebih halus kepada anda semua para pembaca agar merasa tenang dan ini untuk menunjukkan tidak adanya self-dominance.

Oke cukup sudah dengan paragraf pembukanya, kita melanjuti isi penting dari pembuktian bumi bola/oblate spheroid ini.

Baca juga: 10 Cara Membuat Otak Anda Menjadi Lebih Cerdas!

Indeks postingan:


Mari kita sama-sama cerdaskan bangsa!

Tentunya postingan kali ini kita akan membantah argumen-argumen baik dari Flat Earth 101 maupun dari request yang sering saya terima oleh banyak kalangan fe.

Oke langsung saja kita bahas.

Pandangan Agama Islam tentang bentuk Bumi

Menurut banyak ayat al-qur'an mengatakan tentang kata dihamparkan, tapi sebelum mengenal lebih jauh, kita semua harus tau ilmu tafsir dari beberapa ayat al-qur'an.

Karena Allah SWT sejujurnya telah memilih kita sebagai khalifa (pemimpin) di Bumi, kita juga sebenarnya diwajibkan untuk memahami banyak makna dalam kitab suci Al-Qur'an.

Tapi perlu diingat ketika kamu menafsirkan suatu ayat, harus ada rujukan yang pasti, yaitu dari Allah, dari Hadist Rasulullah, para ijtihad sahabat yang berkompeten dalam bidang ilmu tafsir, dan ahli tafsir dari negara manapun.

Al Qur;an

Nah begini, dalam agama islam, hukum mempelajari tafsir adalah WAJIB, sebagaimana yang telah dijelaskan dalam firman Allah SWT, QS: Shad ayat 29:
“Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayat dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran.” 

“Maka apakah mereka tidak memperhatikan al-Qur’an ataukah hati mereka terkunci?.” (QS.Muhammad:24)

TAPI, ya saya bukan bermaksud menghina ataupun memfitnah namun banyak di antara kalangan flat earthers yang asal tafsir Al-Qur'an seenak jidat, misalnya ayat ini:

وَإِلَى الْأَرْضِ كَيْفَ سُطِحَتْ

Itu merupakan ayat 20 dari surat Al-Ghasiyyah, yang artinya "Dan (apakah manusia tidak mau memikirkan) bagaimana bumi itu dihamparkan?" Juga ayat lainnya seperti surat Al-Hijr ayat 9, "Dan kami telah menghamparkan bumi dan menjadikan padanya gunung-gunung dan Kami tumbuhkan padanya segala sesuatu menurut ukuran."

Sekilas pasti banyak yang langsung menafsirkan "ah bumi datar itu" "bla bla bla" ya gapapa sih, saya hanya mengingatkan bahwasanya salah menafsirkan itu termasuk dosa dalam Islam.

Nah, saya sebenarnya tidak mau lebih banyak membahas agama islam karena memang masih belum ada dalil yang sangat kuat yang memang turun dari Allah SWT dalam bentuk fakta yang asli, kesimpulannya JANGAN ASAL TAFSIR.

Oh iya, cuma mengingatkan bahwa sebenarnya banyak kok astronom maupun ilmuwan islam yang telah menyumbang gagasan/ide pemikiran kepada seluruh masyarakat dengan ilmu yang dibawanya.

Seperti contohnya adalah astronom islam Al-Battani, beliau sangat dikenal hingga ke luar negeri karena penemuannya tentang satu tahun Bumi yang berjumlah 365 hari, 5 jam, 46 menit, dan 24 detik dan persamaan trigonometri bola.

Penghitungan tersebut bisa dibilang 99% akurat, hanya berbeda 2 menit dengan perhitungan sekarang karena ya memang pada dasarnya Bumi menjauhi Matahari.

Selain Al-Battani, ada juga seorang ilmuwan islam, lebih tepatnya astronom penting islam bernama Ibnu Yunus karena menemukan banyak ilmu pengetahuan, termasuk adalah Trigonometri dan Logaritma, selain itu juga beliau menjelaskan 40 konjungi planet, dan 30 gerhana bulan.

Pandangan Agama Kristen mengenai bentuk Bumi

Saya mengambil rujukan dari Alkitab (Bible), memaparkan beberapa ayat yang memang kontroversial.

Seperti contohnya ada pada (Wahyu. Bab 7:1)
"Setelah itu, saya melihat empat orang malaikat berdiri pada keempat penjuru bumi. Mereka menahan keempat angin di bumi supaya jangan ada angin yang tertiup di darat atau di laut, atau di pohon-pohon."

Banyak yang menafsirkan soal dome/kubah bumi, tapi sekali lagi saya peringatkan jangan asal tafsir.
Alkitab
Mungkin ayat alkitab ini bisa menjelaskan.
"Barangsiapa pada hari itu sedang di peranginan di atas rumah dan barang-barangnya ada di dalam rumah, janganlah ia turun untuk mengambilnya, dan demikian juga orang yang sedang di ladang, janganlah ia kembali." (Lukas. Bab 17:31)  dan ini ...

"Aku berkata kepadamu: Pada malam itu ada dua orang di atas satu tempat tidur, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan." (Lukas. bab 17:34)

Dan mungkin bisa ditafsirkan bahwasanya terdapat pergantian siang dan malam di berbagai daerah sesuai dengan ilmu sains modern seperti saat ini yaitu rotasi bumi.

Tapi sekali lagi, saya tidak mau asal tafsir, karena ini agama.

Dari pandangan kedua agama tersebut, sesungguhnya yang dapat kita pelajari adalah jangan asal menafsirkan sesuatu tanpa kamu mengetahuinya terlebih dahulu, karena ilmu agama sangatlah kompleks, jadi kalau kamu salah menurut kepercayaan masing-masing, bisa saja berdosa.

 Hindu, Buddha, dan Kong Hu Cu sangat minim di Indonesia, tapi jika kamu adalah orang dengan kepercayaan agama Hindu ataupun Buddha ataupun kong hu cu boleh berbagi kok di sini apa yang telah diceritakan kitab menurut agama masing-masing, yang valid, karena untuk 3 agama ini saya tidak akan melanjutkan lagi, maaf.

Argumen: Google Maps tidak menggunakan satelit

Flat Earth 101 channel idiot

Pada menit ke 2:54 bossdarling a.k.a flat earth 101 menyatakan bahwasanya Google Maps tidak menggunakan satelit melainkan drones. 

Saya sebenarnya ingin sekali berkata kasar, tetapi sesuai janji saya pada postingan kali ini saya buat bahasa lebih halus.

Poin #1, apakah kalian percaya bahwa foto tersebut adalah drone Google?
Kalau anda jawab iya, maka selamat anda telah tertipu oleh channel youtube Flat Earth 101, wkwkwk ...

Oke mari kita pecahkan, saya telah banyak menelusuri tentang drone-drone tersebut dan ya memang pada faktan itu BUKAN DRONE GOOGLE. Lihat foto berikut ini ...
Flat Earth bohong
sumber: cronosal.web.id
Oalah ternyata itu hasil editannya bossdarling, kurang mantap pak editannya ... :v

Coba deh kalian buka aplikasi editing, lihat fotonya bossdarling, crop, lalu ubah kontrasnya, lihat tulisan Google tersebut, maka hasilnya adalah tempelan.

Flat Earth 101 pernah teriak bohong, tapi sendirinya juga, miris. Lain kali editannya yang rapi dikit dong :) (pesan khusus untuk FE 101)

Okelah saya masih harus tetap menjaga kehalusan bahasa dengan tidak adanya kata kasar, palingan saya hanya menyindir saja wkwk, lanjut!

Foto drone yang digunakan FE 101 sengaja dibuat-buat dengan menambahkan logo Google yang lama, terlebih lagi ternyata tempelan editnya masih terlalu pemula. Mari kita lihat lagi secara seksama foto berikut ini yang diklaim milik google oleh fe 101.
Flat Earth Tolol
Terlihat jelas bahwa klaim flat earth adalah kebohongan belaka
Wah keren tidak ada lambang googlenya ya? 

Lantas, bagaimana dengan Google Maps?

Google Maps adalah servis web mapping peta seluruh dunia yang dimiliki oleh perusahaan ternama Google.

Seperti biasa, semua sumber rujukan mengatakan bahwasanya Google Maps menggunakan citra satelit untuk menangkap gambaran peta Bumi secara keseluruhan dengan menggunakan dan menggabungkan data komposit yang diambil oleh satelit. Lihat tangkapan layar berikut ini dari situs resmi Wikipedia:
screenshot wikipedia, april 2017

"it offers satelllite imagery"

Saya rasa sudah cukup, mari kita lanjut bantah argumen lainnya.

Argumen: Nikola Tesla, siapa?

Saya bukan berarti tidak tahu siapa itu Nikola Tesla, tapi saya hanya membenci orang yang mempertuhankan Nikola Tesla sebagai flat earther.

Mungkin banyak flat earther percaya kalau ilmuwan sekelas Nikola Tesla bisa percaya bumi datar karena kutipan kata berikut:
Flat Earth 101 Tolol bener

Padahal sebenarnya, QUOTE tersebut TIDAK VALID. Saya untuk membantah argumen ini memang butuh riset hingga berhari-hari terutama mencari quote/kutipan dari Nikola Tesla ini.

Faktan, setelah mencari dari berbagai macam sumber quotes terpercaya seperti Wikiquote dan lain sebagainya, tidak ditemukan kata tersebut. 

Apakah kebohongan yang dilakukan lagi oleh Flat Earth 101? Hmm, saya tidak tau mengapa bossdarling cerdik dalam mengelabui orang-orang di Indonesia.

CATAT: Nikola Tesla BUKAN penganut flat earth.
Tesla Bukan Penganut Flat Earth
salah satu penemuan Tesla (Tesla Coil)
Tesla coil tidak menyediakan free energy/energy gratis, tetapi hanya menyebarkan energi melalui nirkabel. Logika aja gini: Kalau ada free energy, kenapa ada PLN? 

Dan dari gambar di atas dapat diketahui bahwa transmisi sinyal elektrik oleh Tesla menggunakan Bumi Bulat, lihat Tesla Universe, tulisan asli Nikola Tesla pada februari 1919.

Plis deh ya jangan ada lagi yang bilang nikola tesla percaya flat earth, anda sudah tertipu oleh flat earth 101 mas wkwk ...

Silakan anda telaah terlebih dahulu artikel yang saya tulis ini, setelah demikian bolehlah kalian berkomentar, berdiskusi, ataupun berdebat, tapi tolong saya tidak memperbolehkan out of topic dan spam di kolom komentar, terima kasih.

Demikianlah artikel part 2 yang saya buat, artikel selanjutnya saya akan bahas mengenai Gravitasi Bumi dan tentang roket, tunggu saja ya di part 3!
Kamu adalah pembuat bagi jalanmu sendiri
www.gulabiru.com

Komentarmu mencerminkan sifat kepribadianmu, gunakanlah form komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon