Kamis, 06 April 2017

7 Nama Lain dari Indonesia

Indonesia
Peta Indonesia

Tahukah kamu nama Indonesia berasal dari kata “Indo” dan “Nesie” yang dalam bahasa Yunani berarti kepulauan Hindia. Dan orang pertama yang menggunakan nama Indonesia untuk menyebut negara Indonesia adalah James Richardson Logan pada tahun 1869 di dalam buku karangannya yang berjudul “The Indian Archipelago and Eastern Asia” yang terbit dalam Journal of the Asiatic Society of Bengal (1849-1859). 


Indonesia, negara yang penuh damai, dengan rakyatnya yang memilikki jiwa sosial dan toleransi tinggi. Indonesia dikenal sudah sampai ke berbagai macam negara di dunia internasional dengan pemesatan ekonomi dan penduduk. Namun, lain dari hal itu, ada nama-nama Indonesia lain yang diproposalkan jauh sebelum kemerdakaan Indonesia.

Indonesia pernah mengalami masa kelam pada zaman penjajahan kolonial dahulu, nama Indonesia sangat tabu untuk disebutkan, oleh sebab itu muncul beberapa nama atau sebutan yang telah diberikan oleh bangsa-bangsa asing untuk menamai Indonesia. Tujuannya ya karena mereka gengsi untuk menyebut nama Indonesia dalam ucapannya, tetapi ada juga kok nama lain Indonesia yang berasal dari edukasi geografi maupun sejarah. Mau tau apa saja 7 daftar nama tersebut? Yuk cek selengkapnya.

Hindia

Nama Hindia adalah ciptaan dari Herodotus, seorang ahli ilmu sejarah yang berkebangsaan Yunani (484-42m SM), beliau adalah bapak Ilmu Pengetahuan Sejarah yang banyak dikenal oleh ahli sejarah internasional.. Hindia menyimbolkan pulau yang terletak di kawasan asia pasifik, seperti halnya Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, dll.

Hindia Belanda

Namun, kali ini penamaannya adalah Hindia Belanda, yang artinya negara jajahan koloni Belanda. Nama Hindia Belanda menandakan wilayah kolonial belanda (kini disebut Indonesia) yang diakui secara de jure dan de facto.  Nama Hindia Belanda pertama kali dicetuskan oleh Belanda pada properti perdagangannya Vereenigde OostIndische Compagnie (VOC) tahun 1620.

Naderlandsch Oost-Indie/ Nederlandsch Indie

Nama ini pertama kali disebut oleh Cornelis de Houtman, seorang pelaut Belkamu yang berkuasa di Indonesia. seperti yang ditulis pada catatan sejarah, Cornelis de Houtman adalah bangsawan Be;kamu yang pertama kali memimpin pasukannya untuk masuk ke Indonesia pada tahun 1596.


Insulinde

Nama selanjutnya adalah Insulinde yang pertama kali disebut oleh Eduard Douwes Dekker atau dipanggil juga Multatuli di dalam bukunya yang berjudul Max Havelaar pada tahun 1860. Nama ini di buat karena Multatulo merasa jijik mendengar nama Naderlandsch Indie yang diberikan oleh Belkamu. Adapun arti nama Insulinde berasal dari perkataan “Insulair”, “Insula” dan “Indus” yang dalam bahasa latin “Insula” berarti pulau dan “Indus” berarti Hindia sedangkan Insilinde berarti pulau Hindia.


Nusantara

Selanjutnya, ada nama Nusantara yang dalam perpustakaan India Kuno disebutkan untuk menamai Indonesia. adapun Nusantara atau Dwipantara berarti pulau-pulau yang berada diantara benua-benua. Dan dalam kitab Negarakertagama disebutkan kalau Nusantara adalah pulau-pulau kecil yang berada di luar tanah Jawa. Sedangkan dalam sejarah Melayu, dipakai nama Nusa Tamara. Nama inipin sesungguhnya berasal dari perkataan yang diucapkan Nusantara.


The Malay Archipelago

Nama ini diciptakan oleh Alfred Russel Wallace dalam tahun 1869, sesudah ia mengadakan perlawatan ke tanah air kita, dari tahun 1854 sampai dengan 1682. Adapun “Malay” artinya Melayu, “Archipel” yang berasal dari bahasa Yunani “Archipelagus” (dari asal Archi=memerintah; plagus= laut). Dengan demikian berarti menguasai laut atau berarti kumpulan pulau-pulau Melayu.


Negara Khatulistiwa

Merujuk lebih ke sumber geografi, Indonesia disebut-sebut sebagai negara khatulistiwa karena tepat berada di ekuator bumi bagian bawah dengan 0° Lintang Utara sebagai awalannya. Wilayah berikut termasuk dalam bagian khatulistiwa:

Mungkin cukup sekian semoga bermanfaat

Komentarmu mencerminkan sifat kepribadianmu, gunakanlah form komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon