Minggu, 19 Maret 2017

Sadarkah Kamu Arsitektur GPU Nvidia Berasal dari Nama Ilmuwan?

Tags

Nvidia merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi prosesor dan grafik prosesor. Tapi sadarkah kamu di setiap grafik prosesor produksinya berasal dari arsitektur bernamakan seorang Ilmuwan, mulai dari arsitektur Tesla yang bernamakan dari Nikola Tesla, seorang ilmuwan fisika, Fermi yang berasal dari Enrico Fermi, seorang ilmuwan fisika juga pengembang teori kuantum, Kepler yang berasal dari nama Johannes Kepler, seorang astronom asal Jerman, Maxwell yang bernamakan dari James Clerk Maxwell, fisikawan asal skotlandia, hingga terakhir kini ke Pascal, berasal dari nama Blaise Pascal.

Sadarkah kamu sobat penamaan dari arsitektur graphics processing unit (GPU) mikroarsitekturnya berasal dari nama ilmuwan terkenal. Kartu Grafis atau VGA memilikki masing-masing arsitektur,

Nvidia tidak memberikan pendapat atau semacamnya tentang arsitekturnya ini, tapi menurut pendapat admin gula biru sendiri, sepertinya nvidia memasangkan nama ilmuwan di dalam arsitekturnya dikarenakan merekalah yang telah berjasa dalam bidang industri komputer.

Mengapa bisa berjasa? Hmm kemungkinan besar sih karena mereka (para ilmuwan) membantu mengembangkan teori tentang arsitektur kelistrikan, komponen-komponen, dll.

Arsitektur Nvidia 


Nama Mikroarsitektur Tahun Rilis
Volta 2018
Pascal 2016
Maxwell 2014
Kepler 2012
Fermi 2010
Tesla 2008

Jadi ya itu dia nama-nama ilmuwan yang dipakai pada mikroarsitekturnya Nvidia.

Untuk kamu yang pengen build pc tapi bingung komponen kartu grafisnya pilih yang mana? Nvidia atau AMD?

Komentarmu mencerminkan sifat kepribadianmu, gunakanlah form komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon