Jumat, 24 Maret 2017

Cara Meningkatkan Peringkat Blog di Pencarian Google

meningkatkan penelusuran blog di mesin telusur Google
Gula Biru - Meningkatkan penelusuran blog di mesin pencarian Google memang tidaklah mudah dan tidak juga sulit. Kali ini kita akan menyajikan informasi tentang cara meningkatkan peringkat blog di pencarian Google.

Memasukki daftar halaman utama Google (page one) merupakanlah suatu kebanggaan bagi suatu blog karena telah membuat pencapaian apalagi hingga ke peringkat pertama. Gimana sih caranya? Mudah kok, baca saja artikel ini sampai habis hehe...

Google seperti yang kita ketahui merupakan mesin pencari yang memilikki algoritma Penguin (untuk sekarang) dan lebih memprioritaskan kepada pengguna user mobile dengan implementasi dari SERP Google adalah mobile-friendly.

Algoritma google sekarang lebih terfokus pada kualitas konten dan penyajian ringkasnya untuk pengguna mobile baik itu Android, IOS, maupun Windows Phone. Mangkanya saya lebih mentegaskan nih kepada kalian (termasuk saya juga) untuk lebih berhati-hati dalam membuat konten dan memilih template blog. Usahakan sih membuat konten yang berkualitas dan diminati banyak pengunjung.

Untuk meningkatkan peringkat blog salah satu faktor di antaranya adalah kamu harus mengetahui seluk beluk pengajaran teknik SEO, yakni Search Engine Optimization atau ramahnya kita kenal optimisasi mesin pencari.

Mengapa harus SEO? Karena di sini kita belajar dalam membuat konten yang benar-benar berkualitas dan tidak ditulis secara asal-asalan. Saya akan memberikan panduan lengkapnya, sila baca lebih lanjut ya.

Baca juga: Cara Membuat Blog di Blogger

Cara Mendapatkan Page One Google

Konteksnya masih sama yaitu meningkatkan peringkat blog/ranking blog di mesin pencari Google. Mau tau gimana caranya? Yuk simak.

1. Rajinlah dalam membuat konten
jangan malas terhadap pekerjaan
Rajin membuat konten sepertinya sudah menjadi keharusan bagi seorang Blogger yang menekuni pekerjaannya sebagai aktivis maupun jurnalis. Saya lebih merekomendasikan memposting artikel itu dalam 2 hari sekali atau kalau bisa 1 hari sekali lebih baik.

Dengan cara kita rajin dalam membuat konten otomatis robot Google akan mengetahuinya dan akan cepat memperbaharui semuanya tentang Blog kita, sehingga blog kita dapat memilikki kesempatan untuk mendapatkan peringkat pertama page pertama (4P Google). Intinya sih kalau mau diupdate ya harus rajin dalam membuat konten, disiplin juga tentunya.

2. Memperhatikan isi konten
Jangan pernah mengedarkan berita hoax
Perhatikan isi konten/artikel yang telah kamu buat, pastikan bahwa artikel tersebut merupakan tulisan/rintisan murni dari ketikan kalian di Blogger.

Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kualitas konten tetap bagus dan "sehat" bagi para pembaca blog kamu kedepannya. Jangan pernah mencoba-coba posting artikel hasil copas, karena itu dapat berpotensi menurunkan ranking blogmu di mata Google.

Oh ya, untuk menjadi rajin kita harus dibekali motivasi agar dapat mengetik dengan lancar tanpa ada hambatan saat masa-masanya produktif.

3. Kualitas template yang dipakai
Saya rasa ini tidak begitu penting, bahkan template default blogger yang dimodifikasi sedikit saja dapat nangkring page one Google. Template tidak terlalu menentu, namun perlu saya ingatkan gunakanlah template yang sesuai dengan tema blog Anda dan jangan pernah menambahkan hal-hal yang tidak penting ke dalam template Blog dan membuat tampilan blog menjadi tambah acak-acakan.

4. Blogwalking dengan master-master blogger lainnya
Dengan cara blogwalking kita dapat mengetahui  banyaknya wawasan baru dari blogger lainnya, istilahnya saling bertukar ilmu. Sarana blogwalking juga dapat menciptakan ide dan kreativitas yang timbul secara kebetulan yang mungkin akan membawa semangat kamu dalam mengetik artikel lagi di Blogger sehingga kamu jadi lebih rajin.

5. Ikhtiar dan berdoa
Setelah semua usaha di atas telah dilakukan, hal terakhir yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan peringkat blog pada mata pencaharian Google adalah berikhtiar dan berdoa.

Ingat, tidak ada hasil dari usaha yang serba instan, semuanya butuh proses. Untuk menjadi seorang blogger yang terkenal dibutuhkan proses dalam seluk beluk mempelajari, memahami, dan menerapkannya. Intinya banyaklah berusaha dan berdoa dalam menggapai suatu pencapaian.
Blogger kok nyerah?

Sekian saja, salam hangat dan semoga bermanfaat.

Komentarmu mencerminkan sifat kepribadianmu, gunakanlah form komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon