Senin, 27 Februari 2017

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Sebuah Desktop PC!

Tags

PC Build in NZXT Manta
Desktop PC merupakan sebuah komputer yang dimilikki oleh personal (pribadi) untuk tujuan tertentu. Untuk dapat membuat sebuah komputer dibutuhkan komponen-komponen khusus, tapi apa saja komponen khusus yang harus diperhatikan tersebut?

Banyak orang sekarang ingin membeli desktop pc baik itu baru maupun bekas, dikarenakan PC sekarang sudah marak dipakai oleh banyak penggunanya. Harganya variatif, beragam mulai dari 1 juta hingga 30 juta ke atas (kelas atas)

PC itu terbagi menjadi 2 komponen utama, ada Hardware (perangkat keras) dan juga software (perangkat lunak), hardware itu yaaa komponen yang akan kita bicarakan kali ini. Kalau software itu yang ada di Komputernya.

Kali ini saya hanya ingin membicarakan soal komponennya saja. Yuk langsung simak..

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang dari Internet
1. Prosesor
Prosesor ibaratnya seperti jantung bagi sebuah PC agar dapat bekerja, namun penopangnya ada lagi yaitu Motherboard.

Prosesor harus diperhatikan mulai dari core clock, boost clock, dan lain segala macem karena itu penting. Prosesor sekarang terbagi menjadi 2 pilihan yaitu, AMD dan Intel.

Untuk lebih memerhatikan prosesor usahakan pilihlah yang rata tengah (harganya gak mahal juga gak murah), tapi jika misalkan kalian adalah seorang budget gamer, alangkah baiknya untuk membeli prosesor Intel Pentium generasi terbaru atau AMD Ryzen generasi terbaru kelas bawah.

2. Motherboard
Untuk menopang kinerja prosesor secara maksimal, dibutuhkan motherboard.

Motherboard atau baik disapa Mobo sangatlah penting, di sini dia tidak hanya menopang kinerja prosesor tetapi juga kinerja komponen-komponen lainnya seperti RAM, Graphics Card, Hard disk, SSD, dan lain segala macem.

Motherboard yang harus diperhatikan di sini terbagi menjadi beberapa pilihan...
Untuk Intel, generasi haswell, skylake, kabylake, dan yang paling terbaru Cannonlake ada 3 Chipset yaitu, B-seri bisnis, H-seri non Overclock (OC), Z-seri Overclock (OC)

Untuk AMD Ryzen (yang terbaru) terbagi menjadi 2 pilihan chipset:
B-series dan X-series (support overclock)

Pilihlah motherboard yang memilikki power pin yang cukup seperti (12 + 4) jika memang kalian adalah seorang enthusiasts gamer yang ingin mengoverclock pc kalian agar menambah performanya.

3. Graphics Card
Kalau misalnya kalian hanya menggunakan komputer sebagai Office dan bukan untuk ngegame, maka alangkah baiknya untuk  tidak membeli graphics card. Karena itu hanya akan menghabiskan uang kalian.

Tetapi, jika kalian/kamu ingin membeli sebuah komputer dengan multifungsi sebagai Office dan Gaming, pilihlah graphics card yang lumayan bagus tapi harga juga gak  mahal-mahal amat.

Graphics card juga terbagi menjadi 2 kubu, ada yang namanya kubu Nvidia dan kubu AMD Radeon.

Mungkin alangkah baiknya kalian melihat review-review di youtube ataupun di google untuk melihat performa dari graphics card yang ingin kalian beli. Jika tidak, saya akan berikan rekomendasi graphics card yang lumayan mumpuni.

Low End Budget = AMD Radeon R7 250 atau Nvidia Geforce GT 730
Low Entry Level = AMD Radeon RX 460 atau Nvidia Geforce GTX 1050
Low Enthusisast = AMD Radeon RX 470 (4/8 GB) atau Nvidia Geforce GTX 1050 Ti (4 GB)
Mid Entry Level = AMD Radeon RX 480 (8 GB) atau Nvidia Geforce GTX 1060 (6GB)
Mid to High = AMD Radeon RX 490 (nanti rilis kuartal 3 2017) atau Nvidia Geforce GTX 1070 (8 GB)
High-End = Nvidia Geforce GTX 1080/1080 Ti (8 GB), atau Nvidia Geforce Titan X Pascal (12 GB)

Untuk Mid Entry Level, graphics cardnya sudah support VR dengant tulisan di box GPU-nya (VR Ready). VR (Virtual Reality)

4. Cooler (Pendingin)
Cooler itu macem-macem loh ya... ada yang namanya processor cooler (HSF Cooler) ada juga yang namanya cooler buat casing.

Cooler yang ingin saya bicarakan di sini adalah pendingin untuk prosesor. Pendingin prosesor harus memilikki kinerja yang optimal jika kamu adalah seorang overclocker bisa gunakan air cooler dan water cooler.

Namun jika kamu adalah seorang yang non oc, bisa memakai stok pendingin dari Intel ataupun AMD.

5. Casing 
Banyak yang bilang kalau casing itu gak penting padahal nyatanya penting loh...
Casing tidak hanya sebagai penutup tetapi juga sebagai pelindung semua komponen yang ada di Motherboard.

Pilihlah casing yang lumayan bagus, yang aliran udaranya benar-benar terjamin (airflow), dan jangan cari yang kualitasnya abal-abal. Usahakan sih casing 1 juta ke  atas.

Tapi kalau kamu seorang budget entry level bisa gunakan casing yang harga 800 ribu ke bawah, udah lumayan bagus.

Bedanya kalau casing 1 juta ke atas itu I/O panel lebih lengkap, aliran udara terjamin, sudah tempered glass side window, bahan material pembuatan casingnya sudah kuat, dan mendukung penuh air cooler dengan ketinggian hingga 160-180 mm.

6. Random Access Memory (RAM)
RAM Cukup penting juga sih dalam memberikan akses memori ke seluruh bagian komputer, tanpa ram pc-mu bakalan tidak bekerja karena gak ada yang menopang memori.

RAM yang bagus dikalangan saat ini adalah 8 GB dan 16 GB. RAM 4 GB masih lumayan bagus, tapi untuk performa office dengan aplikasi-aplikasi berat kayaknya sih bakal ngelag parah, kalau udah gitu bisa merusak komponen PC yang lain.

7. Power Supply (PSU)
Nah ini juga malahan penting banget. Tanpa ada ini, PC-mu tidak akan bisa menyala, karena gak ada yang menyuplai daya yang masuk ke komponen.

Kan semua komponen PC itu dibutuhkan listrik karena menggunakan prinsip dasar dari mekanika elektrisitas.

Power Supply cari sih usahakan yang pengamannnya lebih banyak, dan vrm serta kapasitor yang bagus. Untuk efisiensi sih tidak jadi masalah juga...

WARNING!! Saya sudah pernah berpengalaman membeli PSU murahan untuk PC, hasilnya sangat buruk, itu PSU hampir terbakar dan meledug. jadi saya menyarankan yang pengamannya lebih banyak...

PSU yang saya rekomendasikan kriterianya sebagai berikut:

-Efisiensi 80+ Bronze atau ke atasnya
-Pengamannya banyak, ada untuk pengaman shorting listrik, pengaman buat sirkuit yang masuk, dll
-Kualitas dan Brand terpercaya

Rekomendasi saya:
-FSP Hexa+ 80+ Bronze
-Superflower Leadex Bronze/Silver/Gold/Titanium
-Seasonic G-Series atau X series (Gold dan Titanium), bisa juga seasonic m-ii evo full modular 520/620 watt (80+ Bronze
-Corsair

Tapi tetep sih kalau mandang kualitas, saya rasa EVGA, Seasonic, Super flower, Corsair, Be Quiet, Cooler master, EVGA (kayaknya vendor EVGA di Indonesia sudah hangus), dan Thermaltake.

Atau kalau mau bisa beli PSU lain tapi OEMnya harus diusahakan dari brand-brand tersebut.

8. Hard Disk
Hard disk ini sangat penting karena fungsinya dia untuk menyetor data komputer yang ada. Hard disk atau biasa disebut HDD juga bisa menjadi sumber Operating System (OS).

Yha intinya sih ini penting. Kalau mau lebih lagi dari HDD, saran saya pilih SSD (Solid State Drive)
SSD itu performanya lebih cepet dibanding HDD.

Nah, bagaimana setelah melihat daftar tersebut? Lumayan rumit bukan untuk merakit sebuah PC? Oleh karena itu saran saya jika masih belum bisa meracik rakitan PC, bisa kontak saya, kamu punya budget berapa biar saya racikin ke Mangga Dua. Hati-hati jangan sampai terkena jebakan rakitan toko-toko eceran komputer karena itu akan menghabiskan uangmu 2-3x lipat dari harga yang sebenarnya.
Hardware yangweh
Mungkin sekian dari saya, sampai bertemu lagi.

Komentarmu mencerminkan sifat kepribadianmu, gunakanlah form komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon