Selasa, 07 Februari 2017

10 Cara Membuat Otak Menjadi Cerdas

Neurons, memori otak
Otak merupakan bagian tubuh manusia yang paling penting, tanpa otak kita tidak akan bisa hidup. Di dalam otak terjadi berbagai macam proses seperti sistem saraf, sistem ingatan, pemikiran, dll.

Otak terbagi menjadi 2 bagian, yaitu Serebrum (Cerebrum) dan Serebelum (Cerebellum). Cerebrum merupakan bagian otak yang paling besar sedangkan Cerebelum adalah bagian otak yang paling kecil. Ditandai dengan gambar seperti berikut ini:
Serebrum dan Serebellum

Di dalam otak kecil Serebelum terdapat medula oblongata yang fungsinya meluruskan peredaran darah ke arah Jantung.

Di otak kita tepatnya di Lobus frontalis dan Lobus temporalis terdapat sistem ingatan. sistem saraf, dan sistem kesadaran berperilaku.

Di dalam bagian lobus tersebutlah terdapat rahasia kecerdasan seseorang. Tetapi, kecerdasan seseorang itu bisa dibilang relatif, karena bukan suatu hal yang mungkin bagi manusia untuk menghafalkan segala teori yang mengangkut seluruh jagat raya, terkecuali tuhan semesta alam.

Di tempat sekolah kita biasanya banyak orang-orang yang sangat pintar dan cerdas di kelas, tapi bagaimana dia bisa secerdas itu? Yang paling mungkin utamanya karena faktor keturunan. Tapi, kali ini kita akan bahas lebih detail mengenai bagaimana cara menjadi cerdas.

Kenapa sih dia bisa cerdas kok aku enggak? Mungkin kata itu yang akan kamu ucapkan ketika iri melihat temanmu yang mendapat nilai yang selalu konstan bagus terus sedangkan nilai kamu selalu jelek. Ini bukan berarti kamu bodoh, mari kita pelajari bagaiman caranya menjadi anak yang berprestasi, pintar, cerdas, dan membanggakan Indonesia.

Fakta uniknya adalah manusia memilikki lebih dari 1 miliar neurons dalam otak mereka dan lebih dari 1 kuadriliun koneksi. Manusia bahkan dapat mengalahkan superkomputer tercepat saat ini! Hebat sekali manusia, tapi benarkah manusia secerdas itu? Mari kita cari tahu cara menjadi cerdas..

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang dari Internet 2017 Terbaru!

Cara Menjadi Cerdas

1. Olahraga rutin setiap hari
Berlari pagi membuat sehat dan cerdas
Olahraga juga berperan penting dalam perkembangan otak untuk menjadi cerdas. Dengan berolahraga kamu dapat merasakan relaksasi akibat stress, tekanan atau apapun itu, maka ketika kamu sudah berelaksasi, otak kamu dapat bekerja dengan maksimal karena ketika kamu stress otak akan berpikir terlalu banyak hyperthreading memory.

Penelitian di University of Illinois menunjukkan bahwa otak yang sehat dimulai dari berolahraga rutin setiap hari, minimal di pagi hari setidaknya selama 30 menit sehari, membantu merelaksasi otak dan juga tubuh.

2. Jangan kebanyakan mendapatkan tekanan/stress!
Usahakan untuk merelaksasikan tubuh dengan cara refreshing otak. Refreshing otak itu sendiri dapat dimulai dengan menyetel musik, menonton hal-hal yang lucu dan menarik, berolahraga, atau hal-hal lain yang membuatmu lupa akan stress yang sedang kamu hadapi.

3. Berhentilah merokok!
Zat-zat adiktif yang terdapat pada rokok dapat membuat sumbu-sumbu otak rusak, bahkan jika berkepanjangan dapat memutus sel-sel neuron aktif yang mana berperan sekali dalam perkembangan otak untuk menjadi cerdas. Stop merokok ya teman-teman!

4. Malas? Katakan tidak sekarang!
Jangan malas ya buat kecerdasan
Kamu malas belajar? Pliss jangan deh, katanya mau pinter tapi kok males, ya itu mah sama aja gak ada usahanya. Usahakan belajar setidaknya 10 menit, sambil mengingat-ngingat kembali pelajaran yang telah usai, ketika terus diingat memori kamu akan cepat tanggap dalam menerima segala pernyataan yang asing, kamu jadi bertambah pintar deh, kalau berhenti malas!

5. Berpikirlah secara intensif
Saatnya untuk berpikir internsif, disamping beberapa cara lain di atas, kamu juga perlu berpikir keras untuk sesuatu. Contohnya adalah menjadi imajinatif. Menjadi imajinatif merupakan ciri khas orang cerdas, mereka selalu menggunakan logika dan pikiran mereka disatukan bersama, sehingga menciptakan kerasi yang luar biasa. Itulah sebabnya mengapa benda-benda modern yang ada di sekitar kita ada, karena pemikiran para ilmuwan yang didasari oleh ilmu pengetahuan.

6. Pelajari skill baru!
Ketika otak kamu mengenali hal yang baru, maka ia akan menciptakan neurons baru! (Itu hal yang bagus), nah oleh karena itu buatlah sesuatu yang baru, misalnya saja cara belajar. Buatlah cara belajar yang baru, yang nyaman dan tidak membuatmu tegang. 

Cara belajar yang nyaman dapat mengindikasikan hasil yang bagus kedepannya, karena kita akan terfokus secara tenang.

7. Tetap terhidrasi
Nah ini bagian penting juga ya, H2O (Air mineral) juga penting dalam meningkatkan kecerdasan otak manusia. Kamu harus tetap jaga tubuhmu dalam 8 gelas air mineral perhari dengan isi 250 ml, sehingga tercipta 2 liter air yang cukup untuk kadar setiap hari.

Jangan sampai buat dirimu terdehidrasi ya, ntar bisa kurang fokus saat menangkap pelajaran atau hal-hal yang memerlukan kerja intensif dari otak.

8. Bersosialisasi
Fakta unik, orang yang lebih sering bersosialisasi dapat meningkatkan tingkat kerja sadar dari otak mereka sehingga meningkatkan kecerdasan pula. Tapi, kalian bingungkan banyak orang yang introvert tapi pinter? Nah, itu dia, mereka adalah orang pendiam yang bungkam untuk mengungkapkan isi hatinya kepada dunia sehingga mereka selalu dalam keadaan tenang ketika belajar.

9. Bermainlah game yang mengasah otak anda!

Ya, Main game dapat membuat cerdas
sumber: www.sainsologi.com
Banyak sumber yang mengatakan kalau bermain game itu dapat membuat anda cerdas, tapi benarkah fakta tersebut? Ya, benar! Tetapi perlu diketahui bahwa hanya game yang menggunakan bagian otak-otak untuk dapat meningkatkan kecerdasan.

Contoh adalah game strategi, game strategi marak sekarang dipasaran Android juga Windows, kamu bisa bermain game-game strategi seperti ini yang mana dapat meningkatkan kecerdasan kamu. Contoh lainnya adalah game-game yang memungkinkan kamu bergerak untuk memikir arah pikiranmu, seperti petualangan, game petualangan juga banyak dikalangan Sistem Operasi (OS) sekarang.

10. Hiruplah lebih banyak Oksigen!
Otak menjadi lebih aktif dan efisien ketika suplai oksigen yang masuk ke otak telah terpenuhi, pastikan kamu selalu menghirup oksigen yang biasanya dihasilkan oleh tanam-tanaman di pagi hari, di situlah produsen oksigen mulai memproduksi oksigen sebanyak-banyaknya. Etts! Jangan hirup oksigen yang sudah terkontaminasi udara kotor (CO2) di siang hari yaa! Soalnya, banyak polusi udara di mana-mana ketika sudah menjelang siang hingga ke sore hari.

Untuk itu, manfaatkan momen liburan ke puncak dengan menghirup, merasakan, dan menikmati aroma segar dari Oksigen, jujur saja, kamu akan terasa lebih baik ketika menghirup oksigen.

Mungkin sekian saja, semoga bermanfaat.

Komentarmu mencerminkan sifat kepribadianmu, gunakanlah form komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon